Senin, 31 Mei 2010

Alopecia Areata

Hmm... intermezzo dikit nih... Buset dah... Kemajuan ni catetan payah amad... Bener2 sangat malas sekali gw ini... Ckckck.... yauda de, apa boleh buat langsung aja gw mule nulis...

Apa itu Alopecia Areata? Namanya keren kan? Kayak nama2 ilmiah yg bikin lu antara ngeri n kagum... ato bahkan mungkin dikira nama orang?? bukan... ini nama penyakit.... penyakit yg dulu sempet gw "idap" dan sempet bikin gw drop ampe timbangan naek saking stressnya (makanan merupakan salah satu pelampiasanny yg sampe skg bikin gw nyesel...)
Sedikit penjelasan mengenai nama ini, karna gw bukan dokter n gw males googling jadi cuman gw bahas setau gw aja ya :D

Alopecia berarti kebotakan (ga selalu harus kepala), sedangkan areata berarti berarea (pendek kan?? gile... gw aja kaget pas pertama tau, nama c boleh keren, tapiii....). Untuk alopecia areata sendiri kalo dah gawat (misalkan dikarenakan sistem imun tubuh makin drop) bisa berubah menjadi alopecia totalis. Alopecia totalis itu kebotakan yang menyeluruh, dari rambut kepala, tubuh, ketiak, alis, sampe rambut kemaluan jg rontok semua. Pernah baca berita c kalo alopecia totalis agak mengarah ke lupus, tapi jgn salah, alopecia areata jg bisa menjadi gejala awal lupus. Tapi ga semua alopecia itu mengarah ke lupus yak. Terus apa artinya dong buat alopecia areata? Apa cuman berarea di kepala? Engga jg artinya 1 kepala botak c, tapi lebih ke kepala yg botak berarea2 ato biasa disebut pitak. Penyebabnya ada banyak, bisa jadi karna faktor keturunan, salah makan, stress berkepanjangan, dan laen sebagainya. Kalo baca sampe sini, pasti pada bilang, "ah, penyakitnya ga berat kok, cuman botak doank kan?", tapi percaya ato engga... Alopecia bisa menyebabkan kematian! Kenapa kematian? Coba de pada bayangin, kalo andaikata seorang artis, ga usah seorang artis, seorang cewe yg cakep n biasa jdi trend fashion di sekitar lingkungannya, tiba2 botak, yg pasti stress c... Dan kalo lama2 ga ada yg support, ya bisa ambil piso alias suicide... Tapi untuk penyembuhanny rada ribet sepertinya, rada ribet karena ga ada dokter spesialis rambut, adanya kulit, dan gw jg ga pernah nyoba c ke klinik khusus rambut. Yg jlas, klo dah nemuin pitak pertama di kepala(biasany org pd ga nyadar krn di kepala), langsung deh hubungin dokter kulit yg dipercaya. Kalo pitaknya masi sedikit n jarang, biasanya dikasi suntikan, ini lebih manjur ketimbang hair tonic atopun obat minum, tp klo dah luas n banyak, biasanya dokter ga berani ngambil keputusan buat nyuntik...

Itu sekilas mengenai alopecia yg gw ketahui sih, untuk lebih jelasnya silahkan browsing ke site laen yg mgkn lebih lengkap n terperinci. Di sini gw cuman mau share, karna dulu pernah gw alamin, n gw ga mau yg laen pd ngelakuin kesalahan yg sama spti gw waktu itu.

Pertama, kita bahas mengenai asal muasal gw bisa tahu kalo gw ada pitak. Gejala pertama kulit kepala terasa gatal banget... Ini jgn digaruk ya, yg ada nanti tambah rontok. Gatalnya itu ga kyk gatal rambut biasa, ga ada ketombe di kepala, pas keramas pun masih terasa gatalnya, pdhal biasanya hari kedua setelah keramas baru gatel ga keruan. Gejala kedua, rambut rontok, rontoknya ajib, kos (gw dl ngekos) gw sampe berkarpetkan rambut. Sisir sekali rontok, abis keramas rontok, pokoknya rontok n rontok terus de. Ini 2 gejala awal yg gw rasain waktu itu, dari badan ga ada keluhan sih. Kenapa gw bisa tau ada pitak? Ini berkat temen gw yg kebetulan lagi di blakang gw. Gw inget banget kata2 dy, "Itu rambut lu coba sisir yg bener de, entah kenapa gw liat ada pitak di kepala lu." dan dgn shocknya gw langsung nanya teman gw laennya. Malemnya langsung ngelapor ke nyokap dan ternyata bener ada pitak.

Kedua, gw bahas soal penyebab menurut gw. Sekali lagi, ini menurut gw, soalny ga ada di source manapun. Gw menyimpulkan ini jg berdasar laporan dr org2 yg nanya2 gw masalah dokter lantaran rambutnya jg mule botak. Pertama, stress ato perubahan lingkungan, ini faktor inti n penting. Gw ga ngerasa gw stress pas awal2, tapi ketika gw coba pikir lebih seksama lgi, ternyata emang ruang pikiran gw dah nampung terlalu byk masalah n beban waktu itu. Badan boleh ga ngerasa capek, tapi pikiran gw capek banget waktu itu. Kedua, keramas tiap hari, ini BIG NO NO kalo kata gw. Di semua org yg nanya2 ke gw, semuanya bilang mereka keramas tiap hari. Dari pas rambut gw rontok sampe skg, gw selalu pake shampoo baby. Ga pernah ganti. Kenapa? karna gw baru nyadar, setelah konsul ke dokter, shampoo dewasa yg ada sekarang, kandungan sabunnya itu susah banget bersih oleh air dan lagi, kalo kulit kepala tiap hari kena bahan kimia yg sama, kelembapan n lapisan kulit kepala bisa menipis. Orang skg maunya banyak busa, wangi, lembut, dll, akhirnya semakin byk campuran kimia yg masuk lewat pori2 kepala kita. Pdhal kita ga tau, apa itu bagus bwt kulit kepala. Kalo masalah shampoo baby sih, itu suka2 yg make ya. Gw make shampoo baby krn gw pikir bahan2 yg terkandung di dlmny lebih lembut n ga se-"parah" shampoo kebykan. Ini pilihan gw lho. Dan saran gw yg laen, kalo emank mo pake produk shampoo A, jgn suka ganti2 ke B, ke C, ke D, dst. Itu ga bagus bwt kulit. Ketiga, makanan yg kita konsumsi. Coba dicek lagi, apakah kandungan micin nya tiba2 membludak? Kalo iya, hati2... Badan kita yg pertamany ga byk dicemari oleh micin, tiba2 dikasi byk micin, pasti ada perubahan, salah satunya bisa ke rambut. Lebih baik lagi kalo kita bisa hidup tanpa memakan makanan yg mengandung micin, tp krn gw dl nge-kos, jdi ga bisa masak sendiri, akhirny beli di luar de. Itu penyebab yg bisa gw ingat untuk saat ini. Dan untuk masalah faktor keturunan, kalo kata dokter, kalo ortu kita emank pernah "ngidap" ni penyakit, maka anakny ada kemungkinan bisa dapet penyakit yg sama, tp bisa dicegah asal ga membangkitkan syarat2 kemunculanny tadi. Apa penyakit ini menular? Kata dokter ya, tp sejauh yg gw tau, temen2 sekliling gw oke2 aja waktu itu, tp itu jg gw yg tau diri c. Sisir pake sisir sndiri, kalo ada yg mo minjem, cukup tunjuk ke kepala doank. :p

Ketiga, hal penting laenny yg mo gw bahas adalah support dr kelurga dan lingkungan. Jangan pernah mencela apalg memaki org2 yg sedang mengalami kebotakan, apalg kalo itu cewe. Kalo besok ada surat wasiat dr subjekny n anda pernah mengolok2 dy, maka andalah penyebabnya. Gw ketika itu sangad2 sensitif, rasanya cuman dibilang jelek sambil becanda aja bisa nangis kejer. Apalagi dipanggil botak, rasanya mgkn pengen menghilang dr dunia. Untungnya keluarga n teman2 gw adalah org2 terbaik yg pernah ada di dunia. Mereka dukung n semangatin gw dgn sangat sangat sangat sangat besar. Gw ga tau apa jadinya gw sekarang tanpa mereka. Love u all... Dan buat si penderita, berlapang dadalah. Penyakit ini bisa disembuhkan, kalo emank kita mau bersabar. Ga perlu masukin ke hati kata2 yg menyakitkan. Mereka cuman ga tahu gimana rasanya kehilangan rambut. Mungkin memang belum gilirannya... Hahahaha... Kidding :p ... Dulu, hanya dgn ngeliat ke kaca aja gw rasanya dah mo nangis. Keramas pun ga berani buka mata (dikeramasin nyokap akhirny), setelah keramas, nyokap cepet2 ngebersihin lante kamar mandi yg penuh dgn rambut. Sampe org salon (maklum dl rambut panjang pas mule rontok, pas rontok ada byk rambut yg terbelit dgn rambut lainny, jdi kesanny tebal, pdhal tiap kali sisir lgsg rontok) teriak2 gara2 ngeliat byk pitak di kepala.

Keempat, dokter ato org yg bisa nolongin kita pada saat ini adalah dokter kulit. Silahkan aja ke dokter umum, tapi gw ga bisa jamin mereka ngerti masalah begini. Dan kalo memang kalian sudah percaya ke 1 dokter, jgn habisin duit untuk k dokter lain. Percaya saja kalo kalian memang bisa sembuh. (Sbnrny tanpa ke dokter pun bisa sembuh, tp ini tergantung penyebab alopecia kalian yak... Kalo karna jamur, ya brarti harus olesin obat anti jamur, kalo emank karna kekurangan vitamin tertentu ya berarti harus minum vitamin itu) Kalo emank ga ada 1 pun dokter yg bisa kalian referensikan, bisa kirim email ke alamat email gw (belle.ingenuo@gmail.com) dan gw bakal kasi tau alamat serta dokter yg gw pake waktu itu. Untuk penyembuhanny, kira2 butuh waktu setengah sampai 1 tahun, so kalian bnr2 musti extra2 sabar. Tenang aja, waktu cepat berlalu kok, asal kalian ga meratapinya. :D

Kelima, hal lain2 yg belum disebutkan di atas. Penyebab alopecia itu bisa jadi karna jamur, ini bisa dideteksi dengan ngeliat dr rambut yg rontok, yg patah, dari akar ato engga. Kalo rontoknya memang dari akar, maka kemungkinan itu bukan karna jamur, bisa kyk gw, yg dikarenakan sistem imun tubuh lagi drop kemudian sistem imun menganggap akar rambut sebagai "makhluk asing" di tubuh n memakannya. Tapi kalo kalian lihat patahannya bukan dr akar (ga ada putih2 di salah satu ujung rambut), maka kemungkinan itu dikarenakan jamur. Untuk lebih pastinya bisa hubungin dokter kulit masing2 c. :D Dan gw tambahkan lagi, kalo misalkan ada yg nyadar ada pitak di kepala, ato rambut mule rontok byk tanpa sebab, segera cari hair tonic. Hair tonic apapun pake dulu, masalah cocok ato engga belakangan. Jgn sampe kyk gw, dah pitak baru nyari hair tonic, udah telat.

Gw rasa cukup pembahasan panjang lebar gw. Semoga blog ini memberikan kontribusi tersendiri bwt org2 yg mengalami maupun org2 yg menyaksikan pengalaman org2 laen yg mengalami. Dah ada rencana nulis blog ini dari 2 minggu lalu, tp slalu ada rasa malas terselip n sampe akhirny skg baru bisa nulis. :p
Kenapa topiknya harus ini? Karena gw ngerasa gw bakal ngelupain pengalaman ini. Ingat! Manusia selalu pintar membuang kenangan2 pahit dalam hidupnya! Pengalaman gw dalam setahun itu bnr2 besar. Sampe skg, gw masi akan selalu ngeliat ke pengalaman itu n ngingetin diri gw, segala sesuatu ga lebih berat dr masa2 itu, jdi bersemangatlah! :D

NB : dulu bisa sampe parah karena dokter kulit yg biasa kita pake lgi keluar kota, akhirny ke dokter kulit yg dokterny dah tua n ga jelas ngomong apa. malah didiagnosa kena jamur, pdhal bukan. jdi akhirnya terlambat utk ditolong. jgn sampe kyk gw ya... nyesal kemudian percuma... dan penyebaran kerontokan gw itu cepet, ga sampe 2 minggu kepala gw dah botak ampir keseluruhan... jdi hati2 ya guys...

12 komentar:

  1. Maap, maap banget...
    Udah jarang buka email belakangan, jadi ga tau ada email masuk...
    Banyak yg tanya soal dokter yg dipake, jdi gw kasi tau lewat sini aja ya klo emank urgent...

    Domisili gw di Jakarta, kalo di luar daerah gw ga tau apakah ada dokter yg bagus ato engga, tp denger2 dulu di Surabaya ada dokter yg lumayan, title-ny Professor pula, tp gw ga pernah ksana... Nama dokter yg gw pake dr. Ronny Handoko, SpKK. Prakteknya ada di Jembatan Lima, tapi kalo mau yg ada di klinik bisa cari di Erha Clinic... Ini link bwt jadwalnya...
    http://www.erhaclinic.com/branches/33_schedule.aspx?region_id=1&city_id=1&clinic_id=1

    ni dokter mayan ajib(mengingat prediksi dokter laen yg suruh gw dateng 6 bulan tp dy bisa nyembuhin gw krg dr 6 bulan), jdi siap2 aja daftar n nunggu ampe subuh, soalny rame... >,<

    BalasHapus
  2. salam kenal...
    sy fuad di surabaya.
    artikel anda sangat bagus, karena memberikan pengetahuan yang cukup soalnya saya mengalami masalah sama spt anda. mslh Alopecia Areata baru ketahuan seminggu ini dan berukuran seperti uang logam rp 500 pada bagian atas kepala. hanya saja sy tidak mengetahui dengan jelas apa penyebabnya. dokter yg bagus di surabaya spt keterangan anda dimana tempatnya dan siapa namanya bliau?
    sementara saya langsung memakai neril shampo anti loss guard.
    pengobatan oleh dokter anda seperti apa?? disuntik obat penumbuh rambut? obat jamur? obat?? terapi rambut dengan sampo/tonic tertentu? atau bagaimana??
    thx b4
    fuad
    foefoe09@gmail.com

    BalasHapus
  3. Gan di jembatan lima patokannya apa ?

    atau ada alamat lengkap ?

    Dan itu praktek di rumah sakit atau pribadi ?

    BalasHapus
  4. Aku kena penyakit ini dari kecil, alhamdulillah aku sih pake lidah buaya doang dulu itu dan rambut tumbuh lagi, sampe skrg pitak2 ini srg muncul, sampe tau penyakitnya baru hari ini setelah berjalan 30 tahun ( si oenyakitnya). Gak mesti tiap bulan si pitak muncul, bisa setahun bisa bbrp tahun, gakntau brgantung dari apa. Tp aku sih ngobatinnya tetep pake penumbuh rambut aja, alhamdulillah baik2 aja kok, gak botakampe keseluruhan.

    BalasHapus
  5. Hallow, aku devi. Aku sudah ngalami alopecia areta selama 8 thn. Pitak" gitu karena LUPUS
    Belle luppy juga kah?
    Btw thanks, tulisannya keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang kamu dah sembuh apa belm trus obatnya apa ya

      Hapus
  6. Hallow, aku devi. Aku sudah ngalami alopecia areta selama 8 thn. Pitak" gitu karena LUPUS
    Belle luppy juga kah?
    Btw thanks, tulisannya keren

    BalasHapus
  7. anaksaya usia 9thn terkena alopecia, sdh ke berbagai dokter blm sembuh juga. skrg sdh bulan ke 10. awalnya kebotakan dirambut depan, kemudian menjalar sampai kepala belakang. setelah pakai regrou sempat tdk rontok tapi tetap ada kebotakan, namun setelah berhenti berobat, kembali muncul kebotakan dirambut samping.

    BalasHapus
  8. Terimakasih sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat.. kalau pengalaman saya kepala saya pernah botak gara-gara mikir bagai mana bisa menaikan website menjadi no. 1 di google. obat perangsang wanita|obat penumbuh rambut

    BalasHapus
  9. mau nanya nih gan kira" agan ke dokter udah ngeluarin duit berapa banyak ya?

    oh iya btw trimakasih ya postinganya, aku sadar dengan postingan seperti ini aku yakin pasti smua orang yg menderita alopecia areata bisa sembuh, asal bener yakin dan jangan panik :)

    BalasHapus
  10. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  11. Thanks for your information. Please accept my comments to still connect with your blog. And we can exchange backlinks if you need.
    What Is Peanut Allergy?

    What Is Milk Allergy?

    What Is Alopecia Areata?

    What Is Amenorrhea?

    What Is Amputation?

    BalasHapus